RSS

PERSUASI

21 Nov

Menurut Dr.Gorys Keraf persuasi adalah suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki pembicara pada waktu ini atau pada waktu yang akan datang.

Dasar-dasar persuasi :

1. Waktu dan kribilitas pembicara

2. Kemampuan pembicara mengendalikan emosi

3. Persuasi membutuhkan bukti-bukti secukupnya

Ciri-ciri persuasi :

1. Unsur persuasi adalah harus menimbulkan kepercayan para hadirin

2. Persuasi bertolak pada pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah

3. Persuasi harus dapat menciptakan persesuaian atau kesepakatan melalui kepercayaan antara pembicara dengan yang diajak berbicara

4. Persuasi memerlukan analisa dan sintesa seluruh situasi yang ada

5. Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik supaya kepercayaan  tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai

6. Persuasi memerlukan fakta dan data secukupnya

Yang tergolong dalam persuasi :

1. Bentuk pidato (propaganda, kampanye lisan, penjualan jamu)

2. Bentuk tulisan (iklan, selebaran)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 21, 2012 in Uncategorized

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: